Monday, October 25, 2010

Pesona Alam Nusa Tenggara Barat


Setelah melakukan perjalanan selama dua minggu di Bumi Nusa Tenggara Barat, tak ada kata yang padan untuk menggambarkan keindahannya. Saya jatuh hati. Berharap suatu hari nanti, memiliki keberanian untuk meninggalkan hiruk-pikuk ibu kota. Menepi, menyepi mencari damai sejati.

Nusa Tenggara Barat bukan hanya Lombok, bukan hanya Senggigi, bukan hanya Gili Trawangan. Ada Sumbawa, ada Tambora, ada Satonda. Masing-masing menarik hati dengan pesona yang jika dilihat akan tertanam di memori. 

Bisa dikatakan, NTB memiliki berbagai destinasi yang memiliki pasarnya masing-masing. Semua orang akan menemukan keindahannya. Pecinta selancar, selam, gunung, pantai, kuliner, alam budaya, hingga adrenalin rush seeker. 

Pecinta surfing: Lakey Hu'u (Dompu), Sekongkang (Sumbawa Barat)
Pendaki gunung: Tambora, Rinjani
Adrenalin rush seeker: Pulau Ular Wera (Bima), Pacoa Jara (Dompu)
Wisata budaya: Desa Bayan (Lombok Utara), Desa Sade (Lombok Tengah)
Diving dan snorkling: Pulau Moyo (Sumbawa Besar), Gili Trawangan, Gili Meno Gili Air
Pantai, banyak sekali pantai yang ada mulai dari timur Sumbawa hingga barat Lombok: Lakey Hu'u, Pulau Satonda, Pulau Moyo, Sekongkang, Maluk (Sumbawa), Senggigi, Tanjung Aan, Seger, Mawun, Gili Trawangan, Gili Meno Gili Air (Lombok)
Pemburu Sunset: Malimbu (dekat Senggigi), Pura Batu Bolong (Batu Layar), Sunset View (G. Trawangan)
Oleh-oleh: tenun, madu hutan, susu kuda liar, dodol rumput laut, terasi lombok, kopi, dan perhiasan mutiara. 
Kuliner: ayam taliwang, plecing kangkung, ikan kuah sepat, sate bulayak, bebalung, sate pusut (http://de.tk/GOJCW)

Dan, percaya atau tidak, masih banyak lagi destinasi menarik yang tak kami kunjungi. Berbagai Gili di Lombok Timur dan Lombok Selatan belum kami sapa. Pantai Lunyuk, Pantai Punti Suromandi dan Desa Tepal di Sumbawa tak sempat dijelajah. 

Berbagai pengalaman menarik saya dapatkan selama mengunjungi NTB. Pengalaman pertama mencoba nyirih (http://de.tk/6pK7e), diving dan snorkling bertemu penyu (http://de.tk/cMZzu), memegang ular laut berbisa yang jinak (http://de.tk/4lKAY), dan menyaksikan pacuan kuda tanpa pelana (http://de.tk/tktov). Saya juga beruntung dapat bertemu orang-orang unik yang dengan caranya masing-masing berhasil memikat saya. Ada Pak Marjan yang mendirikan konservasi penyu secara swadaya dan swadana (http://de.tk/lAxMk), alm. Pak Husin bule Selandia Baru yang membersihkan Pantai Senggigi (http://de.tk/jv8MW), Mamiq yang mengajarkan cara memaknai hidup (http://de.tk/NPhsW), dan saya mendengar cerita dari Bang Sapar, nelayan panah yang menyelam dengan menggunakan kompresor (http://de.tk/KYN8w).

Nusa Tenggara Barat. Berjuta pesona menunggu untuk dijajaki. Mari kita kunjungi bumi NTB, takkan rela hati jika Gili Trawangan mendapat julukan kampung bule, saking banyaknya bule yang berkunjung (http://de.tk/GkpOL

Dukung grup Nusa Tenggara Barat dalam program Aku Cinta Indonesia (ACI) dari detik.com dengan melakukan voting di http://bit.ly/plisvote
(HRA)

No comments:

Post a Comment