Sunday, April 3, 2011

Road to Financial Independence

Kalo lo Tanya apa sih definisi financial independence ke gw, gw gak bisa kasih jawaban yang tepat. Tapi buat gw adalah i make my own money and I pay my own bill.

 Pertama kali gw dapet uang dari hasil kerja part time gw gak mau duit itu ilang tanpa sisa. Diapain ya? Gw bikin rekening bank atas nama gw yang pertama, sebelumnya pake nama nyokap, yeah I was 22 I’m a late starter. Gw mulai auto invest reksadana. Buat apa? Gak tau, gw cumin gak mau duit gw ilang tanpa nyisa yang gw gak tau jluntrungannya jadi apa. Jangan dicontoh ya, kalo lo invest harus tau buat apa.

Januari 2011 gw mulai ada pekerjaan tetap. I make money, I pay my bills, now what? Banyak menyimak timeline @mrshananto dan @aidilakbar membuat gw makin melek financial apalagi sekarang gw lagi baca buku-nya Ligwina dan kemaren dateng ke IFP Expo 2011. Makin yakin bahwa kita harus prepare for tomorrow, karna lawan kita adalah inflasi yang gak bisa dikalahkan sama hanya menabung. Walo sekarang gw skip kalo lagi pada ngomongin dana pendidikan (belom menikah dan belom punya anak), tapi gw dah concern sama dana pension dan tujuan financial (walo masih yang simple-simple yah).

RD yang sebelumnya gw invest tanpa tujuan, gw buat dana pensiun. Gw mulai ngumpulin dana darurat. Gw pisahin rekening bank living cost, penerimaan gaji, shopping account, dana darurat, dan tabungan wish list. Kenapa? Karena gw memakai analogi air. Lo berusaha misahin air buat mandi sama buat minum tapi lo taro di satu wadah, gak bakalan bisa kan? Jadi mesti dipisahin dr awal. Mulai bulan ini, gw juga mulai kemana-mana cuman bawa satu buah kartu ATM yang peruntukannya living cost. Angkanya masih disesuaikan gak ngepas banget. Masih bulan pertama sih, hehehe. Selain itu gw mencoba disiplin cash flow dengan cara mencatat semua di ngaturduit.com.

Yang ini tinggal di rumah dulu...

Gw gak mau uang gw abis tanpa jluntrungan yang jelas, terjebak di live style I can’t actually afford, dan harus prepare buat hari esok. Financial is indeed practical, dengan segala keterbukaan informasi seperti saat ini yang diperlukan adalah niat untuk mau belajar.


1 comment:

  1. wah pengalamn menarik....
    trims for shared...
    www.wedanguwuh.co.cc

    ReplyDelete