Wednesday, October 15, 2008

undergraduate project


untuk melakukan sesuatu yang gw emang pengen, walo itu susah
atau melakukan yang gampang2 aja, aman2 aja..??


im talking about my undergraduate project dalam bahasa melayu disebut PSM [projek sarjana muda].
semester depan, walo masih [insya Allah] 3 semester lagi lulusnya [amiin] 
gw akan mulai nyusun PSM 1. semester berikutnya lanjut PSM 2 dan pada semseter akhir adalah plant design.
kalo di departmen gw, kita akan dibagi2 ke dalam kelompok kecil, dibawah satu supervisor. nah PSM kita akan selaras [beh, bahasa gw] dengan research si supervisor. kelompok ini, umumnya randomly mixed, tapi untuk yang punya minat khusus, bisa bilang ke PSM coordinator bahwa "saya berminat dengan research nya prof XXX dan pengen bikin PSM sama beliau". browsing lah gw ke web depatment dan ngeliat judul research nya lecturer2 gw.. baca baca baca, nyari nyari nyari..
gw berhasil menemukan sesuatu yang gw rasa click sama minat gw..

Manager of Information System

Research Interest: 
Environmentally Friendly Solid Fuel from Plastics Waste, Combustion of Industrial Solid Waste for Power Generation, Solid Fuel from Waste of High Plastics Content

walo gw belom ngerti2 banget sama researchnya, tapi dari pemahaman gw dari judulnya itu menangani polymer waste, dan best part nya adalah it generates power, fuel from plastic waste. wow...
sekarang, gw takuuut bgt kalo materi ini susah, dan malah menghambat gw untuk lulus, hehee.. dan, gw belom pernah diajarin sama Assoc Prof. Hanizam, jadi belom kenal tipikal beliau kaya gimana...

atau, i just go with the flow...
ngikut apa yang takdir bawa, siapapun supervisornya, apapun research nya. gw kerjain. dan iri ngeliat temen gw yang di-supervisor-i assoc prof. hanizam ini... judul nya mungkin akan lebih simple, walo ngerjainnya gk akan pernah simple. 

gw beranggapan kalo gw minat, gw suka, gw akan berusaha. maka gw akan bisa. gw akan sampe ke sana. karna gw interest. tapi segampang apapun [walo gk ada yang gampang] kalo gw gk minat, gw akan males2an, gw akan setengah2. dan malahan gak akan selesai.

kadang gw juga agak bingung sama temen2 gw, "ambil majoring apa ya nin??" gw pasti tanya balik "lo minat nya apa?" trs djawab "XXXX, tapi katanya susah". trs gw bingung, kok nyerah duluan???



tadinya gw mau bikin poll, minta pendapat mana yg harus gw pilih.
ngambil sama assoc prof hanizam, walo mungkin susah  dan si prof mungkin menyebalkan tapi gw minat sama research nya. atau gw go with the flow saja, menyerahkan pada takdir untuk memberi gw yang terbaik, walo bukan yang gw minati, tapi mungkin literature reviewnya lebih mudah karna lebih banyak ketersediaan journal dsb.


tapi mungkin ini waktunya buat gw jawab pertanyaan gw sendiri dengan sebuah pertanyaan. [nah, bingung kan]



kok nyerah duluan??
kalo kata mas adit sih, yang penting kemau-an



**still open for any suggestion

No comments:

Post a Comment