Saturday, January 1, 2011

Bikin Keranjang Takakura Lagi

Awal bulan Desember 2010, gw mulai bikin Keranjang Takakura lagi. Sebelumnya, sekitar dua tahun lalu gw pernah bikin (bisa dilihat di sini, dan fotonya di sini). Abis itu sempet gak dilanjutkan karna satu dan lain hal. Terus awal bulan lalu pengen mulai lagi karna ponakan-ponakan sering makan gak abis, saying banget kalo “sekedar” menuh-menuhin tong sampah. Jadilah dengan sisa ingatan, gw aktivin lagi itu keranjang sakti.


Kebetulan masih ada dua keranjang yang dah lengkap dengan kompos media, bantal sekam, kardus, dan tutupnya. Pokoknya dah siap pake deh. Buat mengaktifkan si bakteri yang ada, gw keluarin semua media komposnya, gw siram dengan sedikit air gula. Tunggu beberapa jam, tuh media mulai anget. Tandanya ada aktifitas dari bakteri. Gw susun sesuai “aturan” yang gw inget: keranjang cucian dimasukin bantal sekam paling bawah, lapisin keranjang bagian dalem pake kerdus, masukin media, kubur sampah, masukin media lagi, tutup pake bantal sekam, terus tutup keranjangnya.




Karna waktu itu males banget mau googling informasi jadi aja tuh keranjang agak-agak gak bener. Selain itu juga, si bibik yang sering masukin sampah ke keranjang sering lupa ngubur sampahnya, jadi dibiarin aja ngumpul di antara media dan bantal sekam bagian atas. Masalah yang dihadapi antara lain:

  • Berair di bantalan sekam bagian bawah
  • Bau, walopun gak sampe bau busuk tapi lumayan menyengat pas diaduk-aduk.
  • Ada uletnya L
  • Over capacity, perbandingan ideal yang 5:1 (media:sampah) gak mencukupi produksi sampah keluarga besar gw
Jadi daripada sia-sia gw membuat keranjang takakura, gw akan belajar ulang. Salah satu blog yang sangat lengkap ada di sini. Gw sedang belajar dari blog itu. Dan bercita-cita akan berbagi ilmu dari blog tsb juga dari pengalaman gw sendiri. Semoga gak terbengkalai janji tinggal janji spt yang sudah-sudah.


Ada yang pernah bikin dan bersedia sharing knowledge? Please let me know... I'd love to learn :)

No comments:

Post a Comment