Tuesday, January 4, 2011

Keranjang Takakura-ku Day to Day


Blog entry ini akan menceritakan kisah keranjang takakuraku secara day to day, mungkin nanti week to week. Masalah, cara mengatasi dan lain-lain seputar keranjang yang buatnya penuh modifikasi a la gue. 

Minggu 2 Januari 2011
Keranjang takakuraku mulai diaktifkan. Keranjang yang dipake adalah keranjang rotan yang biasa dipake tempat sampah di pasar tradisional. Ini juga gw dapet dari tukang sampah pasar dengan harga Rp. 5.000 ajah. 
Bantalan sekam yang dipake bekas takakura lama, jadilah tembel-menembel. Kelilingnya tetep di kasih kardus bekas dan Tutupnya seadanya aja. Semoga tetep bisa bikin kompos! Starter yang gw pake juga langsung kompos asli aja, 100% kompos doang, mana pas gw masukin ke keranjang banyak cacing tanah. Ini karna gw gak nemu sekam dan bekatul, jadilah modal nekat gw masukin kompos semua. Jangan ditiru, liat cerita besok and u'll know why. Kasih air gula dikit dan voila, berharap berhasil.

Senin 3 Januari 2011 
Kok dingin-dingin aja ya keranjang gw? Malemnya gw googling tentang composting. Dan gw mengerti pentingnya masukin sekam. Sekam berfungsi sebagai sumber Karbon (disebut brown stuff) buat mikroba gw, sedangkan sampah sumber Nitrogen (disebut green stuff). Untuk dapet kompos yang baik perbandingan brown:green idealnya 3:1, tapi boleh juga 1:1 asal brown nya banyakan dikit. Selain sekam, serbuk gergaji dan serutan kayu juga termasuk brown stuff. Baiklah, besok gw beli serbuk gergaji!

Selasa 4 Januari 2011
Beli serbuk gergaji di tukang kayu sekitar bukit duri arah tongktek yang lurusannya SMA 8. Satu karung bekas beras Rp. 15.000 ajah. dicampurin ke keranjang takakura dan lagi-lagi disiram sedikit air gula. Semoga besok mulai menghangat.

Rabu 5 Januari 2011
Yeay, pagi ini gw pegang dan terasa anget! Berhasil berhasil berhasil hore, at least for now, hehehe. Memang benar adanya, harus ada sumber karbonnya. Sampah-sampah yang dah dimasukin hari kemarin masih berwarna hijau, mungkin karna baru pada bangun tuh bakteri jadi belom pada on dan laper ya. hehheee. Semoga besok tetep anget. 

Sabtu, 22 Januari 2011
Setelah sekian lama gak menengok takakura, hari ini gw panen pupuk. Senang rasanya, puas. Dengan meminjam saringan pasir sama tukang bangunan, hasil pupuk yang halus dan kasar gw pisahkan. Yang kasar akan masuk ke Takakura batch 2 gw. Yang alus dapet 2 karung beras, 1 karung alam dipake, 1 karung lagi jadi starter untuk takakura batch 2. :)

No comments:

Post a Comment