Wednesday, August 1, 2012

Gw bukan orang yang pandai basa-basi. Di kantor, gw sebisa mungkin menjaga hubungan baik dan profesional. It almost took me a year to get comfortable and show who i really am. Maksudnya bukan gw berpura-pura jadi orang lain, tapi gw lebih banyak diem, bicara seperlunya dan keeping distance.

Being the youngest in my division, gw mencoba selalu menghargai rekan kerja gw. Tapi ada beberapa hal yang memaksa gw mengubah cara pandang gw terhadap beberapa orang.
1. dia yang nawarin gw "asuransi" dalam hal ini unitlink
2. dia yang minjem duit

Untuk yang pertama, gw berhasil berkelit. Awalnya karna kita sama-sama demen aquascape, jadi pembicaraan gak jauh-jauh dari aquarium tips and tricks. Sampai suatu saat "Nin, kamu mau investasi gak?" 
(((dhuar)))
gw jawab dengan sopan aja "Wah, gak minat pak." 
doi masih usaha dong "Lumayan lho, di sini juga banyak yg ambil sama saya."
gw ulangi lagi jawaban gw dan belaga oon "ooo, iya ya pak? tapi saya gak minat."
dia "hmm, mungkin karna kamu masih single ya, kalo udah berkeluarga penting lho"
dan gw udah mulai what ever...

Ever since, udah jarang aja dia ngajak ngobrol gw. Untungnya kerjaan gw gak terlalu terkait sama dia. selidik punya selidik, emang di ruangan gw ternyata banyak yang jadi client doi. baru ada satu yang berhasil gw cekokin ttg kenapa UL itu gak rekomen, dan akhirnya si temen gw ini memutuskan untuk tutup *ngikik* eh setelah berhasil nutup di satu broker, istrinya melahirkan. langsung deh diprospek broker lain untuk asuransi pendidikan. *ngakak*



selanjutnya, yang pinjem duit. Nah ini baru kejadian ke gw minggu malem. Tiba-tiba dia bbm mau minjem duit lima ratus ribu, menjelaskan kebutuhan dan urgensinya. Enggak, bukan buat sekolah anak. uang gajinya keburu dipake kebutuhan yg urgent dan ini buat pegangan dia aja. Asli, dengernya gw agak gimanaaa gitu, buat pegangan? jadi maksudnya lo gak punya back up? lo hidup from pay check to pay check? kalo kata presiden RI "saya prihatin".

Jujur aja, gw salah tingkah sendiri. Mau gak dipinjemin gw ngebayangin kalo posisi gw di dia, tapi mau dipinjemin, gw juga takut salting gak enak gimana. Perlu pake kuitansi gak ya, paling gak tanda tangan aja deh di bukti penrikan ATM gw. tapi kok segininya amat, macem pinjem ratusan juta aja. Asli dilema. apalagi yg pinjem ini kerjaannya berkaitan sama gw. gw takut pandangan gw ke dia berubah. cara nilai gw ke dia jadi beda.

Akhirnya sih gw pinjemin, tanpa kuitansi. gw rasa script bbm gw sama dia udah cukup bukti lah kalo kenapa-kenapa (semoga enggak). duitnya gw masukin amplop dan gw kasih ke dia siang itu. dia janji akan bayar setelah dapet THR. sumpah hari pertama setelah gw kasih duit itu gw agak salting ke dia (kenapa gw yg salting ya). kalo ada kerjaan pilih kirim email daripada nelpon.




Yang bikin gw kesel sih, giliran gw mencoba menghilangkan distance sama temen-temen kantor, ketika gw mulai membuka diri, they dont know how hard  it is for me to adapt dan ketika gw mulai beradaptasi, eh malah yg ditawari unitlink lah, dipinjemin duit lah.. so the way i look at you, will never be the same.

Di sini pentingnya financial literacy *pesan sponsor nih bok...
penting tau perbedaan investasi dan proteksi, bukan digabung-gabung mau praktis  padahal merugi. your money, your responsibility. jangan asal beli karena gak enak, karena gak ngerti, karena gak bisa nolak.
penting banget punya dana darurat. jadi kalo perlu yg emergency gitu minjemnya bisa ke dana darurat, gak perlu minjem ke orang lain..

huaaa, jadi panjang.. intinya, your money, your responsibility. jangan males belajar ngatur duit *bukan iklan web tertentu

No comments:

Post a Comment