Sunday, July 27, 2008

Latian Industri. Industrial Training. Kerja Praktek.


LI dalam bahasa melayu berarti latian industri, atau dalam bahasa inggris industrial training, dan dlm bahasa Indonesia disebut KP, kerja praktek. Hal yang wajib gw ambil, sebelum lulus, tepatnya pas liburan abis semester enam. Masih kurleb sepuluh bulan lagi memang. Tapi, temen temen gw udah mulai pada start nyari tempat KP dari sekarang, ada yg udah mulai latian buat resume, nyari koneksi, nyari info dan lain lain. Sedangkan gw, baru nyari info doank, dan bahkan belum memutuskan mau nyari di mana, I mean apakah di Indonesia, Singapore, atau Malaysia aja, atau bahkan di Negara lain lagi. Gw tau bukan berarti gw apply di company X dan akan langsung d terima, tapi kan dari pada stuck di tempat yg kita sebenerya gk pengen, mending dipikir pikir dulu. Jadi bias memprioritaskan untuk apply di tempat yg kita mau. 2 bulan, bukan sebentar lho.
Marilah kita liat masing masing strength and weakness nya.

Indonesia
Strength:
  • Sekalian pulang kampung.
  • Mungkin terasa lebih comfortable, karna berada di dalam comfort zone. [my very own country]
Weakness:
  • Pabrik pabrik polymer lokasinya di luar wilayah jakarta, contoh: anyer, cilegon, bogor.
  • [updated] musti menyediakan, atleast, akomodasi dn transportasi buat supervisor selama beliau di jakarta.

Singapore
Strength:
  • Gw berkeinginan untuk kerja di Singapore buat nabung, barang 2-3 taun. Katanya sih, iklim kerja di sana bener bener work hard, jadi gw pengen ngambil kesempatan KP, untuk menjajal kehidupan kerja di sana, jadi kalo gw gk suka iklim kerjanya dari pada gw stuck for like 2 years mending stuck for 2 months kan..
Weakness:
  • High living cost. [yang akan ditanggung oleh bokap, karna belum tentu internship menghasilkan uang]
  • Mesti ngurus ijin training employment pass di ministry of manpower. [yang gw gk tau, harus urus ijin dulu baru nyari company atau nyari company baru ngurus ijin]
  • Language barrier. [my English has gone worse]

Malaysia
Strength:
  • Mungkin akan sedikit lebih mudah nyarinya karna gw juga kuliahnya di sini.
Weakness:
  • Ini adalah last choice gw.

Emang, pasti ujung ujung nya gw akan minta pendapat keluarga, bokap khususnya, tapikan dalam negosiasinya gw udah harus punya somekind like “ini lho pak, yang aku mau, karna gini gini gini, kalo yang itu kayanya kurang gitu gitu gitu deh”. Because in the end, yang ngejalanin kan gw. Bayangan gw, gw akan mulai negosiasi sama bokap pas libur lebaran, dan mulai apply soon after I get the decision, mungkin kalo untuk Malaysia dan Singapore bias mulai apply begitu gw balik dan punya keputusan, kalo yang di Indonesia bayangan gw mulai applynya pas libur abis semester lima [nov-des].

Hmm, doakan saja bias dapet putusan yg terbaik. Amiin.
I’m open for any suggestion. 

No comments:

Post a Comment