Tuesday, July 1, 2008

keranjang takakura


apakah itu??
pertama gw denger dari temen SMA yg skrg kul di ITB. hari itu, gw nanya ttg pengolahan sampah  rumah tangga: degra simba eh, sama dia malah ditawarin keranjang takakura ini.
jadi keranjang takakura (KT) adalah salah satu cara penanggulangan sampah organik rumah tangga yang bisa dilakukan sendiri, masing masing, di rumah.
sampah organik yang berupa sisa makanan, sayur, daun kering ini akan dirubah menjadi kompos yang bisa buat pupuk.

prinsip kerjanya: kita memelihara bakteri yang tugasnya mengurai sampah2 organik tsb. 

bentuk nya adalah kalo dari luar kaya keranjang tempat cucian biasa, pake tutup dah tutupnya dilapisin kaen item. dalemnya yang rada beda, paling bawah mesti dikasih bantalan dari kaen kasa [pokoknya bolong2] dan diisi sekam [kulit padi yang biasa buat ganjel telor dlm peti di pasar2 tradisional], trs sekelilingnya dilapisin kardus bekas, trs tengahnya diisi starter trs paling atas ditutup bantalan sekam lagi deh...

starter nya adalah sekam:dedak/bekatul:kompos 4:1:1
nah untuk membangunin bakteri2 yg lagi bobo di kompos, campuran ini ditambahnin air gula. gk usah banyak2, yg penting rada basah dan jangan sampe becek [ntar gk ada ojek..! jayus.!] air gula ini untuk "makanan awal" si bakteri2..
pas kemaren gw buat, gw make takeran pot kecil, untuk memenuhi 2/3 keranjang dipake 8pot kecil sekam, 2 pot kecil dedek dan 2 pot kecil kompos, ditambah aer gula 1 mangkok.
abis dicampur rata, didiemin dulu agar bakterinya pada "bangun". kalo gw pas didiemin ini gw masukin dalem karung, biar gk dikerubungin laler ]dan laler pada nelor trs ada belatungnya deh.. males kan...]. pagi gw buat, alhamdulillah sore udah mulai anget [tanda bahwa bakterinya udah "bangun"]

oia, untuk ngebuat bantalannya nyokap beli kaen kasa plastik semeter trs bisa dibagi jadi 3.
untuk tutupnya nyokap beli kaen item setengah meter jadi dua tapi terlalu ketat.

pagi tadi keranjang ini mulai dipake,
keranjang dilapis kardus bekas, paling bawah dikasih bantalan sekam, trs diisi starter, trs ditengah2 dikasih sampah organik, trs paling atas dikasih bantalan sekam lagi, trs ditutup..

kalo berhasil, starter nya akan terus2an terasa panas. dan keranjang walo ditambah sampah terus2an tiap hari, tapi gk cepet penuh, karna akan cepet diuraikan oleh bakteri2nya..

trs, sampah yg dimaskin gk boleh terlalu banyak, yg penting, jumlah sampah harus lebih dikit drpada jumlah starternya...

gampang buanget buatnya, kalo mau beli yang langsung ready to use [starternya udah ada] bisa beli seharga 125k, tapi kalo mau ngeluangin waktu sedikit, gw yakin harganya jauh lebih murah dari 125k.

sayang skali, lusa gw balik ke JB, gk bisa liat perkembangan bakteri2ku...hihiiii

**maap bgt kalo bahasanya rada susah dimengerti dn gk ilmiah.....tapi kalo berminat bikin dan rada bingung baca tulisan gw, feel free to ask. i'd really love to help.
foto2 menyusul

here's some useful link
http://keranjangtakakura.blogspot.com/
http://lilblog.multiply.com/links/item/42/
http://olahsampah.multiply.com/journal/item/11
http://lengkana.multiply.com/journal/item/20/

let's go green.!

***click here to see picture

No comments:

Post a Comment