Monday, August 25, 2008

time to change


dari awal semester kemaren, gw udah pengeeeen bgt mengganti salah satu habit gw.
tapi itu lah, buat merubah sesuatu itu susaaaah bgt, buat mengawali sesuatu itu susah bgt, takut dianggep aneh lah, takut dianggep sok sok-an lah, kalo bahasa jawanya "engko ndak ndarani blablabla" [ntar dikirian blablabla]

tapi, apa kita siap menghadapi akibatnya?

weh, apaan sih jadi lebay.

jadi gini, kalo kita beli makan yang dibungkus di sini, kita selalu make box styrofoam. cuma dipake paling lama setengah jam, abis itu end up di tong sampah, abis itu akan nongkrong aja di bumi sampe kapan tauk. kalo gini terus lama lama jadi kaya film wall-e lho.... lo gk serem apa?

dari semester kemaren, gw dah pengeeen bgt ngurangin makan dibungkus, trs kalo makan dibungkus, bawa kotak makan sendiri. tapi itu lah, namanya berubah itu susah. takut diliat aneh, dibilang aneh, dikirain sok sok-an. gw juga pas baru pengen mulai, gk mau bilang bilang sama orang, gw gk mau dibilang omdo.
gw gk tega, sayang styrofoamnya, sayang bumi nya.

tapi, kalo mau mulainya besok, pasti gk akan mulai mulai lagi. hari ini bilang besok, besok nya bilang lagi besok, besoknya lagi gituuu lagi, nah lo. kapan donk mulainya?

bukan masalah kita bisa kok beli styrofoam nya. emang bisa beli styrofoam nya, tapi mikir gk sih, kemana styrofoam itu akan end up? gw juga belom tau.

maka dari itu, tadi siang, untuk pertama kalinya setelah keinginan satu semester lebih, gw beli makan dengan membawa kotak makan sendiri.
gw ambil nasi, gw ambil lauk, dan the best part adalah pas gw mau bayar. si mamang2 biilang "karna bawa tempat sendiri, harganya saya kurangin" HORAY!!
worst part nya adalah bahwa gw harus nyuci tu tempat makan, gw paling maleeeeeeesss dn gk suka sm yg namanya nyuci piring, dishes. tapi, kok gw egois bgt sih? karna gw males nyuci piring barang lima menit, gw nambah sampah styrofoam yang ntah kapan terurainya.

emang sih, pertamanya terasa dan terlihat aneh. tapi insya Allah besok besok gk akan aneh lagi kok.

kalo menurut lo menyelamatkan bumi adalah alesan yg terlalu jauh, terserah lo mau ganti apa alesannya. ganti jadi menyelamatkan duit jajan juga bisa.

gw suka sedih deh, ngeliat pas acara PPI, pasti makan minum pake styrofoam, tapi gw juga gk tau gimana biar gk pake styrofoam.

selain itu, energi tuh dihemat hemat lah. kalo gk dipake jangan dinyalain.. sebel bgt kalo liat status temen2 YM yg idle sampe berjam jam. ato malah statusnya "lagi ke kelas". matiin kek laptopnya..
bukan masalah "di sini kan gratis", atau "gw mampu kok bayar tagihan listrik". tapi masalah emisi gas yg dibuang untuk memproduksi listrik yg kita buang buang itu.... mubazir. lo mampu gk membayar kerusakan lingkungannya? 

its time to change, for a better tomorrow. earth needs a real action.

"do what you can, with what you have, where you are" - Theodore Roosevelt 

Captain: Out there is our home - home, AUTO! - and it's in trouble. I can't just sit here and do nothing. That's all I've ever done! That's all anyone has ever done on this blasted ship. - Wall-E

mari mari, siapa yang mau bantu bumi??

*gw denger starbucks juga gitu lho, kalo lo bawa tempat sendiri, something like ur own tumbler or else, bakal dapet diskon.

No comments:

Post a Comment