Tuesday, March 4, 2008

polymer engineer wannabe

this polymer project things succesfully drive me crazy..!!

ksalahan terletak di group partner gw [do we have to blame other to make us feel better? unfortunately, yes.!]
mereka terlalu nyantai, dari awal gw tanyain mau bikin apa,, mereka bilang "santai nin, masih lama"
huh,, sekarang, harus submit 1.5 minggu lagi dn masih blom tau gimana mau buat nya....

jadi begini ceritanya.....
gw dapet project, suruh buat product dari semi-finished polymer..
related its property dengan possible usage nya,,
then find lo mau buat apa.. then buat lah..terseah mau pake cara apaan...

gw dn kelompok gw [bertiga] dapet polyethylene, masih dalam bentuk resinsodara2.... bulet2 kaya pelet makanan ayam..
sebenernya gampang sih dapet PE ini,, karna PE juga disebut the miracle plastics, karna banyaaaak bgt kegunaan nya,, dari mulai botol minum, ember, gayung, jerigen bensin daaan masih banyak lagi..
kalo lo liat botol plastik, coba lo liat bawahnya, kalo ada tulisan HDPE atow LDPE, brarti itu polyethylene...

tapi, ketika lo disuruh memikirkan "mau buat apa?" things got complicated.
apa lagi lo juga harus mikir "gimana buatnya?"

first thing yang kepikiran sama gw adalah, bikin baseball bat.
yup, tongkat pemukul baseball. ntah kenapa gw mikirnya kesono..
then, mulai searching di internet tentang dimensi ukuran nya,,
but it turn out to be, cuman ada table panjang tongkatnya untuk berbagai usia pemukul,, gk ada yg ngasih diameter dan lain lain nya. berhentilah kita bikin baseball bat.

then mikiiiir lagi...
keluarlah ide, bookends. itu lho yang buat nahan buku biar gk jatoh,,
slama ini kan yg commonly use itu dari logam.. nah kita mau bikin itu dari PE..
browsing2,, eh di ikea dah ada yang dri plastik[ini produknya]... tp gpp lah.. kan kita bikin yg simple ajaaa...
masalah berikutnya, dan yang sampe skrg bikin gw stuck...
"gimana membuatnya???"
injection molding
secara, alat ini juga ada di polymer processing lab..
but it turns out to be, "bo,, susah kali...ribet ngoprasiin nya dan kami blom blajar sama sklai ttg ngoprasiin nya"
otak kembali berputar... berpikir keras dan kemudian  [sound effect: ting] bikin aja yang simple,
pake cetakan, kaya nyetak lilin..
bikin cetakan, lelehin PE nya, masukin PE meleleh ke cetakan, biarkan mengeras deh...
dan kemudian pertanyaan selanjutnya
"gimana bikin cetakannya?"
oh mai gat dragon..!!!!
jadilah sekarang gw mengupas tuntas pembuatan cetakan [making molding] di youtube dan di instructables,,, yang kepikiran sampe skrg siih,,, 
bikin pake plat alumunium yang di-customly bend untuk memenuhi keinginan gw,, tapi bisa gk ya jadinya tipisss... hmm,, kalo di jakarta, pasti udah gw bawa ke cawang ni.. bikin cetakan di sana.. itu lho.. di cawang yg banyak bikin kompor2 ituu... 
alternatif kedua: pake gypsum.. CaSO4.. tapi kayanya syusyah juga bikin yg tipissss...
alternatif ketiga: [sesuai tips dr youtube] pake silicone rubber [ntah apa ituuu] 
alternatif ketiga: pake cetakan kue pancong wakakakaaa,,, jadinya bukan penahan buku deh... jadinya tempat tissue

hmmm,,, ada yang punya ide gimana nyetak plastik..???

well sebenernya gw beruntung dapet PE, karna temen gw ada yg dapet rice stracth, atw biocomposite, dan benda2 lain yang mengejanya saja sulit..dan menurut lecturer gw property nya belom ada di buku atw pun internet, karna masih baru ditemuin.. gokil kan tuu...

tadi temen gw nanya2 bahan yg dia dapet sama senior kita yg ngambil master.. dia dapet LDPE campur tapioca, [ntah apa itu]
benda itu dikemas dalam plastic bag. dan kalian tau sodara2.. ternyata plactic bag dan resin di dalemnya adalah dua benda yang sama.... 
plastic bag itu dibuat dari resin LDPE+tapioca itu.... gokil kan.....

while bikin project ini, gw jadi lebih menghargai segala produk plastik [khususnya] dan polymer [umumnya]..
mengesamping kan segala pendapat yg bilang gk ramah lingkungan lah, bikin pencemaran lah,, coba pikir lagi, "can u live without polymer?" u are polymer ure self..!!
dan alesan utamanya,,, bikin nya susaaaah...!!!!!
jadi, jangan lah seenak2 kalian bikin "anti plastic bag campaign"
kalo "reduce" masih fine.. nah kalo "anti",, gw sendiri gk yakin kalian bisa lepas dari plastik..!!!

doakan saya yaa...
saya ingin jadi polymer engineer yang baik dn brasil....
doakan juga bisa bikin polyhaniner [diambil dari nama gw, emang gw narsis, knaapa?? gk suka lo??],, sejenis polymer yang "beeee,,mantap kali" [definisikan lah sendiri] hahahaaaaaa

No comments:

Post a Comment