Wednesday, October 31, 2007

my very own journey to be here

sekitar dua taun yang lalu.
pas gw lagi bingung mo kuliah dimana..
gw sadar kemampuan, kayanya ITB g mau nerima gw
tapi, mau dimana lagi kalo g di ITB..
ikut USM,, mahal gila
SPBM..gw ?? lulus SPBM..??
balik k JKT,,SMA gw dh "merantau" masa balik kampung..
UGM or ITS ha.. really??
malu juga kalo kul di univ abal abal,,
sedang kakak gw satu di Trisakti yang dua di ITB,
masa tiba tiba gw mau di univ XXX yang g jelas..

then, terbersit lah inspirasi itu.
"kul di luar negri kayanya asik juga"
tapi ditanya dulu ama bokap
"jurusan apa?"
gelagepan lah gw,,dn menjawab "teknik kimia" [gaya euy]
trus mulai nyari tujuan
"kemana ya"
first thing "NTU"
bee,,gaya kan..! 
gw apply [sekitar desember] jurusan chemical and biomolecular engineering,,
dan tentu saja ditolak[januari]

"kegagalan adalah sukses yg tertunda"
tapi itu kata2 orang gagal yg mencari ketenangan.
"gagal ya gagal aja"
kata gw saat itu

then, nyari di internet.
di ostraliyah 
nyari scholarship sekalian
eh scholarship adanya buat postgraduate
ostraliyah cukup mahal dan tereliminasi dari list gw..

then, again di internet
di negara ini 
malaysia
ok, g tralu mahal kayanya
next Q: "univ apa ya"
g mau juga gw asal kul di malaysia, ternyata univ abal abal

USM, UTM, UKM, IIUM

pencarian pun mulai serius,,
di UKM keknya g sreg ajah
USM, pas k pameran pendidikan katanya chem-eng g buka buat pelajar asing
UTM dan IIUM yang tersisa
IIUM bokap dengernya dari tetangga yang CS-an bgt,,jadi bokap sreg,,
sedangkan gw nya,,waduw,,univ islam gitu yak...kacau..!

oia,,terbersit juga mau k india.
iyak betul sekali,,india.
kenapa?
karena
1. kabar yg gw denger microsoft cuman ngambil lulusan ICT dari india kalo mo memperkerjakan lulusan asing di kantor pusatnya [g tau d bener apa g]
2. guru fisika gw pernah netap dsna, dn katanya pendidikan di sana "ok"
tapi tenang, g serius amat kok gw nyari info ttg india-nya

balik lagi UTM dan IIUM,
sejujur nya,
gw g pernah serius mencari tau ttg IIUM,,sekedar tau dan gitu ajah..
UTM, seperti prosedur standar pas NTU, gw print semua hal dri website nya yg gw anggap perlu,,

then,,
ada pameran pendidikan di jakarta dn di bandung,
gw minta bokap dtg yg d jkt trs sama gw dateng yg d bdg u/ daftar [kalo ada yg sreg]
ditengah saat itu, datang sebuah email dri mbaknana,,[yang lagi gw baca ulang skrg dn mengilhami gw u/ nulis posting ini]
katanya, bokap sreg bgt di IIUM, walo g da chem-eng, bokap brusha menawarkan jurusan laen spt : computer science, computer engineering, dan information technology. Kalo di engineering Bapak mau nyuruh kamu di Mechatronics eng.
waduw..

then dateng lah bokap k bdg,
special u/ nemenin gw k pameran itu di holiday inn dago,,gw ngerasa special bgt saat itu, bokap bener2 nyempetin dateng k bdg, di tengah banyaknya kerjaan bokap :)
dan disana, trnyata bokap dah banyak bawa prospektus univ,,bukan dari pameran yg ini, tapi dri jakarta..wow..
menceritakan ttg ini dn itu, bokap cuman sreg ama IIUM [priority] dan UTM. so kita cuman dateng ke dua stand itu tanpa melirik k stand lainnya.
gw saat itu juga udah disuru bawa fotokopi rapot dll u/ melengkapi onthespot registration.
pertama UTM,
langsung isi form.. trs "jurusan nya apa?" gw tanya bokap, karna gw bingung chem-eng nya banyak,,
kata bokap "polymer, prospek ke depannya bagus, kalo di IIUM material eng"
jadi ipilihan gw,, 1. polymer 2. bioprocess 3. mechantronic 4. geoinformatics
then ke stand IIUM, thankfully, mereka minta gw bikin essay, so g bisa onthespot.
jurusan yang akirnya gw dn bokap spakati adalah
1. biotechnology 2. mechantronic

then, waktu berlalu,
hal berikutnya adalah
estimasi biaya
itung2an gw ama bokap..
hasilnya
biaya kuliah di UTM [kurang lebih] = biaya kuliah di ITB dgn jalur USM
kesepakatan kedua
kalo sampe saat USM ITB g da kabar dri UTM, gw ikut USM,
dan kalo udah terlanjur ketrima dan bayar di ITB, walo gw dapet UTM, gw lepas UTM.
tapi bokap juga nanya
"UTM sama ITB pilih ana?
gw jawab "UTM" g tau kenapa

waktu berlalu [lagi]
g da kabar berita ttg UTM,
temen2 mulai ribut cari kuliahan,
ikut UM unpad, beli formulir trisakti, ikut unpar, UM-UGM,
dan lain lainnya
gw tetap membisu. menunggu.
pilihan gw cuman 3
UTM, ITB, ato nikah [hahaaa,,g deng,,becanda,,secara calon waktu itu tidak mungkin diajak kawin muda]

trs, 
pas siang itu gw mo pulang,
dateng surat dri UTM,
g brani gw buka.
sumpah.!
then, gw tunjukin ke ghea ama gutine [gw sayang bgt sama mereka]
kata mereka
"buka nin, lo jan ngarep ditrima, tapi paling g, lo tau apa yg harus lo omongin depan bokap nyokap"
sow,,gw buka lah, di depan mereka.
ada kalimat2 malaysia yg aneh dn gw g ngerti..
yang gw ngeh cuman "chemical engineering-polymer"
wow....
gw ditrima,,,,!!! gw peluk lah mereka
untung ada dua orang itu yang sangad amat peluk-able [hahaaaa]

balik k jkt gw bareng mbnon,
gw g bilang apa pun ttg UTM
dia ngasih info ttg USM ITB
dengan sombog gw bilang
"syapa yg mo kul di ITB"
gw yakin mbnon gedek bgt sama jawaban gw.

di rumah, gw tunjukkan surat sakti gw
dan bokap terlihat gembira,,hahaaa
lupa gw prosesnya,
trs mbnon bilang
"pantes tadi nolak ITB mentah2,,sombong bener.."
hahaaa

alhamdulillah gw diterima di polymer,,
g kebayang kalo gw di mechantronic,,mau jadi apa gw..pasti result gw lebih jelek lagi,,hahaaa
dn kalo di bioprocess,,belajar ttg virus2 DNA dn alin2,,oh no...

dan disinilah gw sekarang
UTM. chemical engineering-polymer. taun 2. sem 3. 
besok final.
belom belajar.

udah ah,,harus semangad..!!!

**thx for giving me this opportunity dad

No comments:

Post a Comment