Wednesday, April 16, 2008

human interest photography: perlu ijin kah?


i know, seharusnya gw gk mikirin hal hal gk penting slain exam,,
tapi ini penting buat gw..
karna gw penasaraaaan....

jadi pertanyaan nya adalah:
[i know this sounds ridicilous, apa lagi buat yg udah sering hunting human interest]
"gimana approach nya?"
"ijin dulu gk sih?"

i mean kalok mau dapet foto candid gitu lho,,

atau cuman perlu lensa zoom dgn bukaan lebar [dan camera yg ada live view nya]?
cuman perlu di zoom aja,, dan speed nya cepet, apalagi kalok ada live view nya... gk perlu lagi ngintip di viewfinder, sok sok gk moto, padahal dapet fotonya...
jadi gk ketauan..

tapi beberapa kali gw liat liputan hunting FN [liat link ini, foto ketiga dari bawah], dia bisa moto model [yang dia temuin on the spot] dengan jarak yg dekeeet...
apakah ini ijin dulu?

nah misalnya, gw lagi jalan-jalan, trus mo moto human interest, ekspresi asli atau kegiatan penduduk setempat. apa gw perlu ijin dulu?
lha kalok ntar mereka malah pose narsis gmn?? **heheee**

misalnya, gw lagi jalan ke pasar, trs mo moto mbok mbok yg lagi sibuk jualan, apa gw juga perlu ijin dulu? ato langsung maen jepret aja?
kalo gw masi di pasar ini, trs mo moto mbak mbak yg lagi sibuk nawar, apa gw perlu ijin juga?

kan gk mungkin gw bilang "mbak, saya foto ya, coba pose yang tadi diulang mbak" nah lo... kan jadinya gk natural....

ini beberapa link ke foto candid gw,, yg ini gk ada yg pake ijin...
keduaketigakeempatkelimakeenam, [duh udah ah,,jadi banyak..]
kalok yg ini ya pake tehnik itu,, nge zoom aja...
foto pertama, gw maen foto aja... terlihat jelas bahwa gw memfoto mereka,,
kalo yg foto orang maen gitar itu,, abis itu dia ngerasa difoto dn ngeliat ke arah gw,, gw buru2 ngalihin moncong lensa ke arah laen, belaga innocent.. hhiiii

kalo yg ini,, emg gw ijin...
satu dan dua 
duh,, yg ijin cuman dikit yaaa....
kalok dua ini, gw emg ijin mo moto ibu2 yg lagi nyirih, nah pas dia nyirih,, gw jepret deh...
kalok yg kedua,, si ibu yg minta poto.. tapi,, gw foto candid juga.. 

jadi gimanaaa,,,, pake ijin gk siiii????
***jangan males buka link2 nya yaaa heheee,, skalian,, kasi saran ke poto2 nya...


***update***
melanggar privacy gk siih??
trs katanya kalok buat sendiri sih gpp, tapi kalo di publish mesti ijin dulu,, nah kalo foto nya buat ikutan lomba yg temanya human nterest gimana??
naah tambah bingung kan lo??
***end of update***

No comments:

Post a Comment