Thursday, February 7, 2008

Catatan Perjalanan: LANGKAWI

jangan bosen ya bacanya...

for photos click here

kemaren gw baru aja balik dari Langkawi Island. masuk ke negri bagian Kedah. letaknya di ujung utara Peninsular Malaysia. ini adalah catatan perjalanan gw. cuman pendapat dari seorang gw.

Johor-Kedah

brangkat hari sabtu jam 10 malem, ternayata kita dapet bus tambahan, jadi duduk nya 2-2.. hix..padahal tiketnya mahal dan perjalanan panjang [10 jam lebih].
tapi alhamdulillah gw gk kerasa pegel di tulang blakang [mungkin karna udah pernah yang lebih buruk ya,, padang-palembang, medan-gayo lues, gayo lues-banda aceh].
sampe Alor Star di hentian bus Shahab Perdana sekitar jam 930 pagi. naek bus dalam kota

Day 1
it was a sunny hot day when we arrived.
gk lama nunggu trs ketemu sama mamang2 yang nyediain bookingan hotel dn mobil kita.
jetty nya, kaya stulang laut juga, keluar plabuhan langsung ada mall, trs depannya mall itu ada couter2 travel yang nyediain island hopping, paket2 traveling slama di langkawi, hotel, mobil, dan tiket feri balik ke kuala kedah, kuala perlis, penang, ato pun ke thailand.
kita ber lima dapet mobil wira automatic untuk 2hari kedepan, dan reservasi hotel di area pantai cenang.
kita langsung mencoba ke legenda park yang jaraknya keliatan di mata kita..tapi karna puanas buanget kita gag tahan, jadi cuman foto di depan dan gag masuk ke dalem..
katanya si itu ttg legenda2 di langkawi gitu..
trs kita nyari pom bensin, yang di petanya sih jarang bgt..jadi kita langsing ngisi RM50 aja.
then kita mulai jalan ke pantai cenang, sepanjang jalan, jalan nya bagus, alus, gak ada tuh kaya jalan yg bolong2 atow anjlok..
sampe hotel jam 3 an, mandi dll, jam 4 kluar lagi cari makan, hari ini kita cuman mau jalan di pantai cenang aja..
abis makan, jalan di pantai, banyak bule2, hampir semua malah. banyak kegiatan pantai juga, parasailing, banana boat, jetski, volley, sunbathing, dan lain lain.
puas jalan2 kita keluar ke arah jalan, nyari oleh2 buat diri sendiri, heheeee,, gw yg gk niat beli apa2 akhirnya beli kaen.. kaya kaen bali itu lho.. buat besok maen air hihihiiii...
balik ke pantai pas sunset, sunset nya cantik skali.. karna pantai ini memang mengarah ke barat dan gk ada pulau kecil yg menghalangi.. sunsetnya
abis puas mandangin sunset, kita balik ke kamar, blablabla bliblibli, kita keluar lagi jam 830 ke the zon yang di underwater world. eh udah mau tutup.. cepet2 deh.. then cari makan, menyusuri spanjang pantai barat langkawi deh..hehee berlebihan,, karna satu dan lain hal kita makan di warung kecil gtu, jual seafood, y udh deh..
abis makan ketemu anak UUM,, itu baru sekitar jam 1130an dan jalan di pantai cenang udah sepi... udah pada tutup. untuk yang ini kita jadi

Day 2
rencana perjalanan hari ini: cable car, crocodile farm, teluk datai, temurun water fall, pantai pasir tengkorak.
gw kirain bakal jauh ke cable car nya,,ternyata sekitar jalan sejam juga udah nyampe. langkawi is a small island afterall. along the way, kita terana ngeliat yatch yang berjejer di pantai..jadi kita turun dan foto2 lagi deh.. trs ada pom bensin juga di situ, petronas, tapi bagus deh tempatnya, bukan pom bensinnya, tapi bangunan sebelah nya, isinya ada KFC, bank, resto dll. namanya petronas quay kalo gak salah.
puas foto2 dan meleleh disana [puanas] kita lanjut jalan ke cable car.
cable carnya asiik, bayar nya RM25,, jadi ada 3 station, 1st station to 2nd station lintasannya panjang bgt, dan nanjak,,trs kita turun di 2nd station trs seperti biasa,, foto2..hihiii.. 2nd station to 3rd station lintasannya pendek tapi kartna itu ada diatas 600++m jadi anginnya kuenceng..3rd station berada di ketinggian 710m above sea level. dan di sana ada jembatan yang bentuk nya U, tadinya terpesona juga liat jembatan ini, tapi abis ngelilingin, gw jadi bingung,, buat apa sih jembatan ini,,gak penting2 amat kok... jembatannya kalo lagi ada angin ikutan bergetar lho..rada serem juga siii.. heheeee
abis itu turun deh,,turunnya terasa cepet tapi lebih nyantai [mungkin karna udah adaptasi pas naek ya..].. kesimpulannya
abis itu makan dan beli coklat di the zon.
then ke crocodile farm, bayarnya RM10, padahal di site nya tulisannya RM7, karena yang RM7 itu buat yang punya MYKAD, alis turis lokal,,dan kalo bawa camera mesti bayar lagi RM1 kalo bawa handycam RM5,,di sana gitu2 doannk,,liat buaya,,aksi pawang buaya, sama buaya dikasi makan... gak terlalu bagus,,
then lanjut ke teluk datai,,ternyata sampe sana ada resort yang namanya the datai jadi itu dah jadi private property,, harusnya kan kalo gtu di peta nya jangan dikasi tanda bintang yang brarti place of interest donk..
then ke temurun waterfall,, kita bingung,,kok rada sepi ya... trs pas jalan masuk baru 50m, kita jadi ragu. so kita nanya dulu ke penjaganya "jauh gag ke waterfall?"
"ada di dalem, tapi kering, udah gag ujan beberapa hari, jadi gag ada aer nya"
jadi bingung,, kok air terjun bisa kering...
next kita ke pantai pasir tengkorak,,gw juga gak tau knapa namanya gtu... kabarnya dsna aernya gag lengket,,gag kaya pantai spt pada umumnya,,dan betul aja..agak lengket si tapi dikkiiiit bgt...dan lagi2 banyak nya bule yang pada berjemuuurrr....pantai nya gag terlalu panjang, bersih, gag terlalu rame jugaa...maka kami bermain aer sampe puasss...
mikir2,,mau sunset dimanaaa yaaa...??? trs kepikiran di deket tempat yacht yang tadi ada pantai ,, dan kayanya arah nya ke barat,,y udah,,ke sana deeh....
ternyata,,agak terhalangi sama bukit.. tapi gw seneng kok, karna gw dapet foto yang mnurut gw bagus,,jadi pas lagi ada orang yg nangkep ikan pake jaring gtu,,so gw foto dia dgn background sunset..heheeee...
arah pulang,,gw senewen aja liat meteran bensin,,tinggal setengah strip.. so kita nyari pom bensin,, isi RM 25,, eh naek nya lebih dari setengah...
so tips nya...
karna mobil sewaan kayanya banyak yg meteran bensinnya dicurangin, dan letak pom bensin lumayan jauh, jadi mending sedia bensin dalem botol aja dulu.... dari pada kaya kita.. hixhix
makan malem hari ini yang kelewatan jalan pulang aja,, di daerah padangmat sirat yang kita udah namanya jadi padang maksiat. heheheee
makanannya lebih baik dri kemaren...
nyampe hotel udah jam 10an,, trs gw sama adek kluar lagi beli mie cup buat sarapan besok pagi..
abis itu gw adek bunda hang out di pantai sampe jam 2 pagi, tiduran di pantai, beralaskan pasir berselimutkan bintang [halah] cerita2,,it was really beautiful. lagi gak berawan, jadi bintang nya jelaaaas bgt.... sayang gak kliatan bulannya..tapi afterall it was

Day 3
hari terakhir di langkawi,,,rencana hari ini: Langkawi bird paradise, keliling kuah [pusat kota
langkawi bird paradise,,bayarnya RM 18 padahal di website RM12, again because it was for local tourist. awal2 masuk.. kok cuman liat hewan2 dan burung2 dikrangkeng ya..? dlm kandang,,dan kandang nya juga cuman kotak gtu aja,,gak ada dibikin lebih keliatan natural..
agak mengecewakan. tapi pas masuk ke hall yang natural trs ada burung2 yg dilepasin di dalemnya lumayan terobati siih,, abis itu ke out door, ada burung onta, burung merak dll. tapi burung nya tuh kaya pasif aja.. gak terlalu bagus lah... jadi inget waktu kecil ke jurong,, jadi pengen ke jurong lagiii... kesimpulan nya langkawi bird paradise
masih jam 12an,,masa mau langsung ke kuah,, jadi kita belok ke kiri,,instead of ke kanan [ke arah kuah],, masuk site sungai kilim, dsna ada mangrove tour, eagle feeding dan cave exploration, tadinya gw tertarik bgt sama site ini esp. eagle feeding nya, tapi karna waktu dan duit yg gak mengijinkan, gak gadi deeh...
trs kita ke durian perangin waterfall.. untung yang ini gak kering juga,,
walo masuknya lebih jauh dan tangga nya banyaaakkk bgt....
air terjunnya tinggi sih tapi area dibawahnya agak kecil, dan untuk mencapai kolam nya harus turun lewat batu2 gitu,,anak2 sih pada stay di atas batu aja,,tapi karna gw terlalu bersemangat, jadi gw turun deh,masang tripod dan foto2,, hehee.. semoga aja hasilnya worthed...menurut gw sih aer terjunnya so so aja,, tapi gak mengecewakan kok, boleh lah dikasih
baru deh dri sana ke arah kuah,, makan di resto pinggir jalan yang klewatan aja..
trs kita mulai capek,,tadinya mau ke dataran lang, lang square, tempat patung elang yang guede bgt, yang jadi landmarknya langkawi, tapi karna gk dapet2 parkir, dan puanas yang gak umum, batal deh.. so kita muter2 aja di kaya mall gtu deh,, pada cari oleh2,, gw sih gk brniat ngoleh2in syapa2,,jadi ya gk beli apa2,tapi gw dapet aromatheraphy,, gw emang lagi nyari sii,,biar kamar gw wangi gtuu,, hihihiiii
abis menghabiskan waktu disana kita ke plabuhan lagi deh,, beli tiket jam 630 pm. perjalanan kali ini trasa lebih lama,, karna kliatannya kita melawan aruuss.. jadi nyampe kuala kedah sekitar 830 gtuu deeh..

Kedah-Johor

nunggu bus ke alor star kok gak lewat2 yaaa...
jadi kita naek taxi deeeh....berlima, salah siih, tapi kalo dua taxi,, tambah bokek ajaa,,
it was smooth until...
ada roadblock polisi.. damn.! jadi gw sama bunda turun.. it was like 930
kata si supir taxi, kamu tunggu di sana ada simpang, ntar saya jemput dsna..
eh kita tunggu sampe jam 945an gak ada juga,, padahal bus kita jam 10pm tuh..si bunda bilang sama adek, jangan dibayar dulu taxinya, biar kita aja yg bayar [istilahnya sebagai jaminan bahwa dia harus jemput kita] eh, gag nongol juga, jalan itu gak terlalu rame,,tapi tetep aja mobil2 yg lewat nglakson2,,yang naek motor melambai2, ada yang tereak2 "haaiiii" kan serem juugaaa...jadi kita nyetopin taxi, untung mau, karna udah deket tuh ke shahab [bus station] langsung deh cerita sama si supir tax yang baru ini kejadiannya...
sampe shahab, alhamdulillah bus nya masih ada, tapi kok adek ma gebol gak ada..kata si uni mereka nyusul kita,, aduuh padahal mereka juga gak tau kan daerah yg ada road block tadi apa namanya...hp nya gak bisa dihubungin pula,..
untung aja sekitar 5 menit abis itu mreka balik..langsung deh kita naek bus menuju JB..

ternyata kejadian dengan taxi tadi adalah...
si pak sopir nurunin mereka di pinggir jalan di shahab, istead of bener2 di depan shahab, dengan alesan mau buru2 jemput kita ber2.. trs pak sopir minta barang kita ber2 ditinggal aja dengan alesan kasian kalian capek bawa barang2 temen kalian. untung aja teman2 tidak sebodoh itu,,jadi barang kami selamat deeh, trs pak sopir smakin esmosi ketika dibilang ntar bayarnya disana..
jadilah kami nggak di jemputnya.. hixhixx...

so overall,, ada 7dan 5 buat langkawi..
hmm,, yang paling menarik buat gw ada lah cable car dan pantai cenang.
mungkin kalo gw island hopping ke pulau2 kecil sekitar nya akan lebih bagus, apalagi kalo ke pulau payar, which is tempat diving dan snorkling..
kalo disuruh balik lagi ke lnagkawi gw sih gak mau.. karna banyak tempat laen yang waiting to be explored.

oia,, langkawi itu duty free island, jadi coklat alcohol dan rokok murah disini..
trs kita reserve hotel dan lain lain dari sini
kalo mau lebih irit,,bisa nginep di guesthouse ini lokasinya di pantai tengah
kalo yang ini lokasinya di pantai cenang

okeey,, thx ya semua temen2 di milis JalanSutra, milis iBackPacker dan MP group jalan-jalan yang udah ngasih tips dan overview ttg langkawi.