Saturday, August 19, 2006

17 agustus,,tapi terlambat..

wah..17 agustus..pasti rame di indonesia,,pasti banyak lomba"gtu yagh,,,
disni mah ramenya ntar tgl 31..um,,hari ini independence day ke brapa sigh?
ke 61 yagh??
umm,,gw mau crita ttg rasanya orang indonesia idup di sni aja degh...
rasanya tinggal dsni,,sebagai wni secara umum yagh..
gimana ya mulainya,,,

kami tinggal dsni sebagai pelajar,,jadi ngerasa dihargai..kadang sering bt kalo mreka cuma tau ttg indonesia
karena tki..

waktu itu pernah temen gw bilang,palanya pusing,,trus gw kasih saran lah..
"pake ini aja",,gw kluarin minyak kapak,,yang gw bli dsni,,trus dia nanya,,
"emang kamu tau itu apa?di indon ada ke?"
"ada la.."
"oh patut la,,mbak saya di rumah suka skali dengan itu"
dari crita itu banyak yang gw rasain,,pertama,,pasti maid dia di rumah orang indonesia,,
kedua,,orang sini kan gak ngerti jadi pasti langsung mengartikan mbak itu dengan maid,,
padahal mbak itu panggilan hormat kita ke perempuan yang lebih tua..
rasanya gimana gitu..

crita lain lagi,,
gw nanya sama temen gw "kamu sudah pernah pegi indonesia?"
"sudah,,waktu saya kecik,,saya pernah hantar maid saya balik indon,,tapi sudah lama sangat"
wah yang ini mah straight..gak perlu lagi dijelasin apa rasanya..

trus si ibu
ini pas kuliah dan dilakukan oleh lecturer..
"kamu merasa aman tinggal kat indon?"
oh please...kalo dia nanya sama WN malay yang tinggal di indonesia ma gpp..ini ama WNI gtu...

trus gw lagi,,waktu pelajaran introductary to engineering,,dia nanya goal kita..
salah satu temen gw ditanya dan dia jawab,,"i want to be a millionaire"
setelah ngebahas rada jauh di lecturer nanya lagi.."one million ringgit or rupiah?"
trus spontan temen"sekelas ketawa...gw g ngerti apa yang mereka ketawain,,
mreka juga sering nanya "hanin 1 ringgit malaysia berapa rupiah?"
"25oo"
yang gw benci mreka langsung ngerasa sok kaya gtu..mreka gak ngerti kalo gak ada yang bisa dibeli dengan 1 rupiah,,
mreka gak ngerti kalo sebenernya harga barang disni sama dsna tuh sama aja cuma sini pake ringgit
sana pake rupiah..

trus lagi..ada aja yang nanya "kenape nak study kat sini?",,gw kan bingung mesti jawab apa..
eh dia sok tau bilang "tak de universiti ke kat indon?"enak aja lo...
yang kren si vinni,,waktu ditanya pertanyaan ini dia jawab 
"oh,,kat indonesia banyak la universiti,,tapi bila nak masuk tu susah sangat,,pastu biaya dia lebih mahal pulak"
hahaha,,,smash bgt g segh?

nah gw juga heran,,apa mereka gak blajar geografi yagh..masa nanya "palembang ngan jakarta satu pulau ke?"
gila lo,,bingung gw...ada lagi "jakarta dekat dengan tempat tsunami?" [aceh maxud dia]
yang paling parah "jakarta kat mane?" they dont even know that jakarta is the capital city...
gila yagh...geografi lo belajar apa??

nah yang gila lagi...
waktu itu pas mas adit dateng,,ada yang nanya "abang ko buat ape kat indon?"
gw gak ngerti kan..
trus mreka bilang "buat company sendiri ke or keje pada kerajaan ke?"
woy mbak,,,we re talking bout indonesia,,kerajaan ape majapahit???
g belajar kewarganegaraan hubungan internasional yagh?

sedih lagi kalo gw ketemu orang yang pekertja dsni..
di kantin sni gtu..sebagai pelajar seneng sih soalnya kadang harganya jadi murah,,
tapi sebagai WNI,,sedih,,ya ampun...
lagi gw pernah ketemu dia tukang potong rumput,,or supir shuttle bus,,

yang parah lagi,
waktu itu kak aifi ke stulang laut,,krn izin timggalnya dah mau abis..
trus ketemu sama cewe indonesia sama om-om gtu..dia nanya
"indon?"
"iya"
"kerja?"
"student!kamu"
"kerja"
"kerja apa?"
dia cuma jawab pake senyum,,that explains everything..
ya ampun,,segitunya kah?

gimana ya..sebenernya kita gak mau cari masalah..tapi kan bt juga digituin,,
jadi kadang"kita suka revenge gtu,,tapi g'straight la...
kadang klo ditanya"ttg indonesia,,kita jawabnya jadi rda sengak apalagi klo mreka nanya yang aneh"..
reflek ajah,,tapi pala kita rada naek gtu..
trus..kita sering merendah untuk meninggi..hahaha,,8ers pasti dah hapal bgt sama trik ini..
kalo ditanya.."cam mane kamu study kat sini?"
"maksudnye?"
"cam mane ape ada sponsor ke?"
"oh tak la..parent kami support"
"oh..kaye la pasti.." [FYI mreka studi disini dpt pinjeman gtu dri negara,,sktr180,000 mesti dibayar stelah kerja
selama 180bulan,,gila gak lo?!]
"oh tak la...biase je,,,"
oh ia apa lagi tipis"yang liat vaio gw..
"beli kat indon ke?"
"iya.."
"brape?"
"tak tau la..."
"oh,,sony ni branded la,,tak dapat4000,,kaye nye..."

serius gw gak pengen dinilai dri materi o apa lah..tapi buat skarang baru itu yang bisa gw banggain,,,hahaha
tapi..gw harus score,,so that i can "make a wall from the bricks they've thrown at me"
i came so i conquer...

yah gt la..
paling gak ini lah beberapa crita jujur seorang anak yang mencoba nasionalis tapi hidup di negara chaufis

ayo indonesia...we've got a lot of things to prove!!

No comments:

Post a Comment